Pasang Kanopi Gading Serpong – Sebuah rumah terlihat rapi dan tertata dengan penuh harmoni, ketika melihat ada sebuah benda penutup dari panas yang begitu unik, dialah kanopi. Kanopi memang sengaja ditempelkan pada rumah dengan tujuan untuk melindungi area bawah dari paparan sinar matahari dan hujan. Nah, ada banyak jenis desain kanopi yang bisa Anda terapkan di rumah, selain itu bergantung pada jenis bahan dan harga. Di bawah ini bisa Anda lihat tentang bagaimana spesifikasi tersebut.

Pasang Kanopi Gading Serpong

Jenis Bahan Dasar Kanopi

  1. Polycarbonate

Jenis bahan ini adalah jenis yang laris di pasaran karena teksturnya yang cukup kuat,ringan dan tahan lama. bahan ini terbagi menjadi 3 lagi antara lain:

  • Solite Polycarbonate, jenis bahan ini termasuk dalam kelas 3 dengan daya tahan lumayan hingga 5 tahun. Harganya juga lebih ekonomis, Anda bisa memakai kanopi jenis ini jika memang hanya memiliki budget yang minimalis. Daya serap cahaya yang mampu diberikan oleh kanopi jenis ini adalah sekitar 40% sehingga Anda tetap bisa menikmati cahaya matahari dengan baik dan tidak terlalu gelap. Bahan ini sangat bervariasi sekali warnanya, Anda bisa memilih sesuai keinginan namun kelemahannya adalah mudah retak ketika dipaku tidak hati-hati. Untuk mengatasi retak saat dipaku ini, Anda bisa menambahkan bahan karet yang dilekatkan pada paku, memang hasilnya kurang rapi namun menghindari resapan bocor yang semakin besar tidak masalah.

  • Solarlite Polycarbonate, bahan ini terbilang bahan kelas 2 dengan kualitas di atas bahan solite. Kanopi bahan ini memang cocok untuk kapasitas usia 10 tahunan karena kekuatan yang dimiliki juga sangat baik. Dari segi harga juga sedikit lebih tinggi dari bahan solite, tetapi kualitasnya juga lebih bagus.

  • Twinlite Polycarbonate, jika Anda mencari kelas unggulan dari bahan polycarbonate maka ambil saja twinlite ini. Harganya 30% lebih mahal dari harga solarlite tetapi untuk jangka waktu daya tahannya mencapai 15 tahun lebih. Bahan ini sering dipakai untuk cafe, hotel, perumahan dan gedung pertemuan.

  1. Bahan Kain

Kain yang digunakan bukanlah jenis kain katun yang biasa Anda pakai ya, namun jenis kain mirip dengan kain payung yang memang anti air dan terdapat zat lilin. Kain sunbrella sangat bagus dan awet dipakai untuk kanopi hiasan, penggunaanya bisa untuk penutup jendela hotel, cafe atau restoran. Kanopi jenis kain tidak terlalu mengutamakan fungsi namun lebih cenderung ke seni. Daya tahannya mencapai 10 tahun lebih. Area penggunaannya juga tidak luas, maksimal hanya 80 cm atau 100 cm selebar jendela yang ingin ditutupi oleh kanopi kain ini.

  1. Galvalum

Bahan galvalum atau sering orang sebut dengan baja ringan memang alternatif kanopi di daerah dingin. Baja ringan ini akan menyerap panas secara maksimal namun tidak mengeluarkan panas ke area bawahnya. Kelebihan dari bahan ini adalah lebih ringan, harga terjangkau dan tidak panas. Gelombang pada atap ini sengaja dibuat untuk aksen seni dan stabilisasi ketika ada angin. Gelombang yang dibuat ini akan menahan angin besar agar tidak copot dari rangka pasangannya.

  1. UPVC

Kanopi dengan sebutan anti berisik bisa Anda pilih dari bahan UPVC, bahan ini sekilas mirip dengan plastik namun lebih ulet, kuat, anti bocor dan awet hingga 15 tahun. Karena bahan ini anti berisik maka cocok sekali dipakai untuk menutupi area rumah, tempat usaha Anda. kelebihan lain yang dimiliki oleh UPVC adalah mampu menahan bebas hingga 150 kg, artinya jika ada seseorang yang naik ke atap untuk memperbaiki kondisi atap kanopi maka tidak perlu khawatir pecah. Tidak dibenarkan bahwasannya menempati beban bsar di atas atap ini ya karena bagaimanapun secara kontinyu akan cepat rusak.

Ada sejumlah merek UPVC yang laris dan berkualitas di pasaran yakni:

  • Alderon Roma, harga mulai dari Rp. 200 ribu/m2 dengan tebal 1,2 mm dan lebar 7,64 cm.

  • Alderon Trimdek, harga mulai dari Rp. 200 ribu/m2 dengan tebal 1,2 mm dan lebar 7,62 cm

  • Alderon Twinwall, harga mulai dari Rp. 400 ribu/m2 dengan tebal 10 mm dan lebar 8,3 cm

  • Alderon Greca, harga mulai dari Rp. 240 ribu/m2 dengan tebal 1,2 mm dan lebar 6,88 cm

Pemasangan kanopi dengan bahan UPVC memang terbilang harga lumayan tetapi dengan kualitas yang terbaik maka Anda setidaknya bisa memperkirakan berapakah budget yang bisa disediakan plus konstruksinya. Harga kanopi juga termasuk dalam area pemasangan.

  1. Spandex

Kombinasi seng dan alumunium melahirkan bahan spandex yang ringan, murah dan awet mencapai 15 tahun lamanya. Namun, kelemahannya adalah pada saat musim hujan yang berisik, kurang kedap suara dan warnanya satu macam saja. Jika Anda pernah merasakan suara hujan di bawah seng maka tak jauh beda dengan bahan jenis spandex. Bahan spandex yang ringan ini bisa dipasang oleh 1-2 orang saja tergantung dari area yang ingin dipasang. Harga bahan ini berkisar Rp. 55 ribu – 85 ribu per m2. Cocok buat Anda yang punya budget ekonomis namun rumah ingin terlihat rapi dan tertata dengan baik.

  1. Bahan Membrane

Bahan membran memang bahan yang mirip dengan kain namun lentur sekali sehingga tidak mudah sobek dan tembus air. Bahan membrane yang paling terkenal adalah serge, heytex, agtex, ferrari. Anda yang memesan kanopi dari bahan ini akan merasa sangat bergengsi sekali karena kualitasnya setara dengan pemakaian pada hotel bintang 5, dan memang benar adanya bahwa kanopi jenis ini memiliki harga lumayan mahal Rp. 750 ribu – 1 juta plus konstruksinya. Nilai seni yang melekat juga sangat tinggi sehingga siapapun yang rumahnya dipasangi dengan kanopi membrane akan selalu disangka kelas atas. Penggunaan atap membrane ini sangat banyak sekali seperti atap masjid agung semarang, hotel, taman golf, dan kolam renang indoor. Memang untuk segi perawatannya sedikit repot namun jika Anda ingin tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik bisa memanggil jasa pasang kanopi Gading Serpong.

Dengan melihat jenis bahan di atas, Anda bisa menentukan bahan apa yang ingin dipakai sebagai pelengkap hiasan plus anti panas pada bangunan Anda. Namun, ada saran matang sebelum Anda eksekusi memesan, antara lain:

  1. Ukur Lahan, ukur area yang akan dipasang kanopi secara efisien.

  2. Buat Daftar Kasar Harga, harga bahan biasanya dikembungkan 20% dari harga dasar agar Anda tidak kekurangan saat di tengah.

  3. Model Kanopi, pilih saja bahan dan model sesuai budget.

  4. Pilih Jasa Pasang Kanopi, bandingkan harga pasang antara tempat 1 dan lainnya.

Memasang kanopi memang sangat dianjurkan sekali mengingat kebutuhan fungsinya yang tinggi seperti penghalang cuaca dan tempat berteduh.

Sending
User Review
5 (1 vote)