Pembuatan Disinfektan ChamberDi tengah wabah covid 19 yang sedang melanda dunia, tak terkecuali Indonesia. Seiring bertambahnya pasien yang positif terserang virus corona, memang membuat pemerintah memberi himbauan kepada masyarakatnya untuk bisa melindungi diri dan juga mencegah agar tidak tertular covid 19 tersebut. Ada banyak cara yang harus Anda lakukan agar terhindar dari penyebaran covid 19, salah satunya menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggalnya.

Perlu Anda ketahui, untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya. Maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah mensterilkan lingkungan rumahnya dengan senantiasa membersihkan berbagai perabotan ataupun lokasi yang sering dilalui oleh seluruh penghuni rumah. Nah, untuk mensterilkan perabotan dan area yang sering diakses tersebut maka Anda bisa menggunakan disinfektan. Sebelumnya masyarakat memang sedang antusias dalam pembuatan hand sanitizer sendiri, kini pembuatan disinfektan, baik cairan disinfektan hingga disinfektan chamber pun mulai marak diperbincangkan. Bahkan berbagai cara untuk pembuatan disinfektan pun sudah banyak beredar di media sosial serta group percakapan Whatsapp. 

Pentingnya Menggunakan Disinfektan

Sebelum membahas mengenai cara pembuatan disinfektan chamber, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa itu disinfektan? Disinfektan r merupakan salah satu jenis cairan pembersih yang umumnya dibuat dengan menggunakan hidrogen peroksida, alkohol hingga creosote. Penggunaan bahan-bahan ini bertujuan untuk membunuh kuman, virus, bakteri serta mikroorganisme lainnya yang berbahaya di dalam ruangan ataupun permukaan benda mati.

Pembuatan Disinfektan Chamber

Pada umumnya disinfektan sudah sering digunakan untuk membersihkan benda-benda yang disentuh oleh orang banyak, mulai dari  gagang pintu, keran wastafel, kursi, meja, lemari dan lainnya. Selain itu, perlu diketahui disinfektan chamber juga mengandung konsentrasi biosidan yang cukup tinggi. Sehingga tidak mengherankan jika disinfektan sangat efektif dalam membunuh virus, bakteri maupun mikroorganisme yang ada pada permukaan benda mati.  Benda-benda mati biasanya sering menjadi perantara paparan infeksi virus dan bakteri berbahaya apabila disentuh maupun dihirup oleh manusia.

Jenis Bahan Utama Yang Direkomendasikan Dalam Pembuatan Cairan Disinfektan

Apabila Anda ingin membuat disinfektan sendiri di rumah, maka Anda terlebih dahulu harus membeli beberapa bahan yang diperlukan untuk pembuatan disinfektan. Salah satu bahan disinfektan utama ialah produk pembersih rumah tangga. Sementara untuk jenis disinfektan  yang paling direkomendasikan ialah cairan pemutih yang memiliki kandungan natrium hipoklorit ataupun pembersih karbol dengan kandungan benzalkonium klorida. Nah, kedua produk rumah tangga ini memang dianggap sangat ampuh dalam membunuh kuman, bakteri serta mikroorganism spektrum yang lebih luas.

Sebelum Anda menggunakan cairan pemutih Anda harus mengetahui, jika cairan ini bersifat kaustik yang mana dapat menimbulkan iritasi serta kerusakan pada area kulit. Selain itu, menggunakan cairan pemutih  juga dapat menimbulkan uap yang cukup berbahaya dan berisiko mematikan. Oleh karena itu, penting bagi Anda mencampurkan cairan pemutih dengan air sebelum menggunakannya. Tidak hanya itu saja, sebaiknya Anda jangan mencampurkan cairan pemutih dengan bahan kimia lainnya, karena dapat membahayakan diri Anda sendiri. Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak cara membuat disinfektan  sendiri sebanyak 1 liter.

Alat Dan Bahan Untuk Pembuatan Cairan Disinfektan 

Untuk pembuatan disinfektan memang dibutuhkan beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan, seperti:

  1. Botol kaca atau botol semprot plastik yang memiliki tutup.
  2. Kain microfiber atau lap flanel atau juga bisa menggunakan kain lembab.
  3. Gelas ukur
  4. Sarung tangan karet dan masker N95.
  5. Cairan pemutih 2 sdm (30 ml) atau cairan karbol 2 sdm (30 ml) untuk 1 liter air (Anda bisa memilih salah satunya).
  6. Air bersih

Dengan mempersiapkan beberapa alat dan bahan-bahan tersebut tentunya Anda akan lebih memudahkan Anda dalam membuat cairan disinfektan.

Cara Membuat Cairan Disinfektan

Untuk membuat cairan disinfektan yang benar dan tepat, sebaiknya Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini, yaitu:

  1. Langkah pertama Anda bisa menuangkan cairan pemutih ataupun cairan karbon secara perlahan-lahan dan berhati-hati ke dalam botol kaca yang telah dipersiapkan. Selanjutnya Anda bisa menambahkan air bersih dan mengaduknya hingga tercampur secara merata.
  2. Apabila Anda sudah mencampurnya dengan rata, maka segera tutup botol kaca tersebut dengan rapat. Lalu kocok secara perlahan-lahan agar cairan pemutih atau karbol bisa tercampur secara sempurna dengan air.
  3. Setelah larutan cairan pemutih atau karbol tercampur dengan sempurna maka Anda bisa langsung membagikan larutan cairan tersebut ke dalam botol semprot yang jauh lebih kecil agar mudah untuk Anda gunakan.
  4. Jika sudah sampai ke tahap ini berarti cairan tersebut sudah siap Anda gunakan untuk membersihkan berbagai permukaan benda mati yang sering disentuh dengan tangan. Sebelum menggunakan cairan disinfektan ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu membersihkan permukaan benda mati dengan sabun dan air panas.

Beberapa langkah ini harus benar-benar Anda lakukan agar disinfektan chamber yang dibuat bisa bermanfaat untuk membunuh kuman, virus serta mikroorganisme lainnya. 

Cara Membuat Disinfektan Chamber Yang Tepat

Selain menggunakan cairan disinfektan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. Maka Anda juga harus membuat disinfektan chamber. Penggunaan disinfektan champer memang sangat berguna untuk meminimalisir penyebaran virus dan juga membersihkan setiap tubuh orang yang masuk ke dalam suatu ruang. Perlu Anda ketahui, saat ini sudah ada beberapa tempat yang menggunakan disinfektan chamber atau bilik disinfektan untuk mengatasi penyebaran virus corona semakin tinggi. 

Dengan adanya alat sterilisasi berupa disinfektan chamber di setiap pintu masuk perumahan ataupun komplek tentunya penyebaran virus corona bisa diatasi dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan, semua tamu ataupun penghuni yang berada di tempat penempatan disinfektan chamber ini diwajibkan untuk masuk melalui area disinfektan chamber guna membersihkan tubuhnya dari bakteri, kuman maupun virus. Perlu diketahui, di dalam bilik ini Anda akan langsung disterilisasikan selama beberapa detik dengan menggunakan disinfektan yang telah diembunkan. Karena pentingnya penggunaan disinfektan chamber, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang rela melakukan berbagai upaya untuk membuat disinfektan chamber.

Disinfektan chamber sebenarnya sangat sulit untuk dibuat sendiri. Meskipun begitu, kini Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak perusahaan penyedia jasa yang akan membantu memenuhi kebutuhan Anda, termasuk pembuatan disinfektan chamber. Bagi Anda yang sedang mencari tempat pembuatan bilik disinfektan maka Anda bisa memperolehnya melalui kami. Pasalnya kami tidak hanya melayani pembuatan dan pemasangan teralis pagar rumah saja, namun juga melayani pembuatan disinfektan chamber yang berkualitas terbaik. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai harga pembuatan bilik disinfektan ini, karena kami menawarkan harga yang sangat sesuai dengan isi dompet konsumen Indonesia.. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar cara pembuatan disinfektan chamber sendiri di rumah.