Tukang Teralis Bintaro – Memiliki tempat tinggal yang aman, nyaman dan indah tentunya menjadi idaman bagi setiap orang. Jadi untuk suatu hunian tempat tinggal itu tak cukup hanya indah dan cantik saja, namun juga harus aman, demikian pula sebaliknya bangunan yang aman harus juga bisa nampak cantik dan indah tertata rapi, sehingga nyaman untuk ditinggali. Disinilah peran teralis dan desainnya itu. Banyak kasus kebobolan atau terjadi pencurian di rumah atau bangunan yang tidak dipasangi teralis. Berikut ini pembahasan mengenai teralis dan desainnya.

Fungsi Teralis

Teralis merupakan pengaman jendela atau pintu kaca, yang bisa terbuat dari besi atau kayu atau baja, yang disusun sedemikian rupa. Teralis tersebut memiliki fungsi sebagai berikut.

Tukang Teralis Bintaro

Pengaman

Fungsi utama dari teralis adalah sebagai pengaman rumah atau berbagai bangunan lainnya, seperti gedung sekolahan atau gedung perkantoran dan lain sebagainya. Jendela dan juga pintu yang dipasangi teralis akan lebih sulit untuk dibobol dan dimasuki oleh pencuri. Oleh karenanya maka hendaknya jarak antar besi pada teralis itu dibuat dengan celah sempit yang cukup, dan tidak terlalu lebar, sehingga tidak dapat untuk dimasuki oleh orang, yakni dengan jarak antar besinya yang disarankan ialah sekitar 20 cm. Selain jarak teralis yang sempit tersebut maka supaya teralis juga tidak mudah untuk dilepas oleh pencuri maka sebaiknya pemasangan teralis juga menggunakan baut yang dipasang dengan secara tersembunyi, jika perlu maka akan lebih bagus lagi jika teralis tersebut dipasang dengan cara ditanam ke dalam kusen jendela atau pintunya. Desain teralis yang indah dan unik namun aman kadang justru menempatkan teralis dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran jendelanya dan lalu memasangnya ke dinding tembok secara langsung dari sisi bagian dalam rumah atau jendela.

Pelindung Kaca

Teralis sangat mutlak diperlukan terutama untuk jendela dan juga pintu yang terbuat dari kaca. Inilah fungsi lain dari teralis, yakni guna melindungi kaca pada jendela atau pintu supaya tidak mudah pecah dan seandainya dilempar mainan atau sebab lain sehingga kaca menjadi pecah maka serpihan kacanya tidak akan langsung pecah berhamburan ke mana-mana  namun ada pencegahnya berupa teralis tersebut

Keindahan

Fungsi tambahan lain dari teralis adalah sebagai penambah keindahan bangunan, atau justru bisa menjadi penegas gaya dari suatu bangunan.  Kini dengan semakin meningkatnya kemampuan desain jasa teralis, maka teralis di jaman sekarang ini bisa dibuat dalam berbagai variasi desain, jadi tidak monoton hanya dalam satu jenis desain saja.

Aneka Pilihan Bahan Teralis

Bahan teralis pun bisa bervariasi. Namun yang biasa dipergunakan sebagai teralis pada saat ini adalah bahan dari besi tempa, atau plat, atau behel, baik yang berbentuk bulat, atau ulir, atau kotak. Bahan dari besi tempa dan juga plat lebih banyak digunakan untuk model rumah bergaya klasik, sedangkan untuk rumah dengan gaya minimalis biasanya akan lebih banyak menggunakan bahan teralis dari besi behel yang berbentuk kotak. Jenis bahan besi behel tersebut juga akan lebih ringan jika dibandingkan dengan besi tempa ataupun plat.

Ukuran Teralis

Ukuran terkait teralis tersebut, bisa berupa ukuran batangan besi satuan bahan teralisnya, maupun ukuran teralisnya itu sendiri setelah jadi. Ukuran tiap satuan batang bahan besi teralis itu biasanya adalah sekitar 1 cm diameternya, atau untuk bahan berupa besi plat maka ukurannya adalah sekitar 1 inci diameternya. Itu adalah ukuran minimalnya, demi keamanan supaya lebih kuat maka bisa digunakan satuan bahan dengan ukuran yang lebih tebal atau lebih besar diameternya. Sedangkan ukuran teralisnya sendiri adalah lebih kecil biasanya dari ukuran jendela atau pintunya yang akan dipasangi teralis. Jika mengalami kesulitan untuk mengukurnya maka bisa meminta bantuan ahlinya dari jasa pembuatan teralis yang ada. Namun ada juga teralis yang dibuat dengan pertimbangan demi keamanan dan juga untuk keunikan desain keindahannya maka lantas teralis dibuat dalam ukuran yang justru lebih besar daripada ukuran jendelanya, karena teralis tersebut akan dipasang di sisi bagian dalam jendela dan dipasang langsung pada temboknya. Dengan demikian maka akan lebih aman karena akan lebih sulit untuk dibobol oleh pencuri.

Pemasangan Teralis

Teralis biasanya dipasang di bagian dalam jendela atau pintunya, dengan baut yang tersembunyi, sehingga ukurannya akan lebih kecil dari ukuran jendela atau pintunya. Namun ada juga desain teralis jendela yang dibuat dalam ukuran yang lebih besar dari ukuran jendelanya karena akan dipasang dari sisi bagian dalam atau luar rumah dengan secara langsung ke dinding temboknya. Guna antisipasi jika terjadi kebakaran, maka sebaiknya juga pasang salah satu teralis dari salah satu jendela yang ada yang tidak dikunci pasang secara permanen, namun masih bisa dibongkar pasang atau dibuka tutup dengan relatif mudah. Sehingga jika terjadi kebakaran, maka masih tersedia jalan keluar darurat bagi penghuni rumah, pastikan juga dalam desainnya agar masih terdapat cukup ruang guna memasukkan satu tangan guns membuka dan menutup jendelanya.

Motif Desain Teralis

Kini sudah banyak terdapat berbagai jenis motif desain teralis yang beraneka ragam yang indah dan cantik-cantik yang bisa dipilih. Setiap jasa pembuatan teralis memiliki andalan desainnya masing-masing. Jadi teralis jaman sekarang tak lagi berdesain kaku mirip kandang ayam atau jeruji besi lagi. Sudah ada banyak motif desain teralis yang bisa dipesan yang disesuaikan dengan gaya bangunan atau rumah yang ada. Berbagai motif desain teralis itu ada motif bulatan berlingkar-lingkar besar kecil ataupun lurus garis klasik kotak yang masih cocok digunakan untuk rumah bergaya minimalis, hingga dalam desain yang lebih rumit, dan detail, melingkar-lingkar berbentuk daun atau bunga, baik yang besar ataupun yang kecil-kecil atau motif abstrak melingkar-lingkar dan lain sebagainya yang lebih sesuai untuk rumah atau bangunan bergaya klasik. Bentuk teralis pada jaman sekarang ini bisa dibuat sangat serasi dengan lingkungan sekitarnya dan juga desain eksterior maupun interior rumah sehingga kadang tidak menyadari bahwa fungsi utama dari teralis itu adalah sebagai pengaman rumah, bukan sebagai suatu karya seni atau pajangan penghias rumah. Itulah desain teralis yang ideal itu, yakni tak hanya sebagai pengaman saja namun juga untuk dinikmati keindahannya.

Warna Teralis

Teralis biasanya dalam warna-warna netral yang tidak terlalu menarik perhatian, yakni seperti dalam warna coklat kayu atau cokelat keemasan atau silver atau putih atau hitam atau sesuai dengan warna jendela atau pintunya. Namun jika ingin menonjolkan dan lebih menampilkan keindahan desainnya masa kini teralis bisa juga dicat dalam berbagai warna-warni yang beraneka rupa, seperti merah atau orange, atau hijau untuk daunnya lalu pink untuk bunganya dan lain sebagainya.

Harga Teralis

Harga teralis itu bervariasi, tergantung pada jenis bahannya, ukurannya, dan juga tingkat kerumitan desain dan pemasangannya. Rata-rata adalah dalam kisaran mulai dari 100 ribu Rupiah per meter persegi hingga 750 ribu Rupiah per meter persegi.

Itulah berbagai hal mengenai teralis.

Jika memerlukan tukang teralis Bintaro atau untuk pemesanan, baik itu teralis jendela ataupun teralis pintu dan lain sebagainya di wilayah Bintaro, Serpong dan sekitarnya bisa menghubungi jasa teralis raja gorden yang beralamat di

Serpong Green Park Blok M 01 Jln. Palapa Serua Ciputat, Tangsel 15414

Telp : 081389424255 / 0817788225
WhatsApp : 081315555923
Email : hello@rajagorden.com