Jasa Pembuatan Teralis di Tangerang – Demi keamanan suatu bangunan seperti rumah, maupun gedung perkantoran, ataupun gedung sekolah dan lain sebagainya, maka jendela dan juga pintunya biasanya juga dilengkapi dengan teralis, terutama untuk model atau tipe jendela dan pintu yang full kaca.  Di Tangerang, kota yang padat perumahan biasanya pemasangan teralis itu juga bersamaan dengan pemasangan kawat nyamuk, serta gordennya, antara lain guna menyesuaikan warnanya agar serasi. Bagi Anda yang memiliki rumah atau gedung perkantoran di wilayah Tangerang dan sekitarnya maka bisa memesan jasa pembuatan teralis di Tangerang yang terdekat, seperti jasa teralis Raja Gorden yang beralamat di :

Serpong Green Park Blok M 01 Jln. Palapa Serua Ciputat, Tangsel 15414
Telp : 081389424255 / 0817788225
WhatsApp : 081315555923
Email : hello@rajagorden.com

Jasa Pembuatan Teralis di Tangerang

Apa Itu Teralis

Teralis adalah rangkaian batang besi atau kayu atau bahan lainnya yang dirangkai dan disusun dengan sedemikian rupa dan lalu dipasang pada dengan jendela atau pintu kaca, guna menjadi pengaman tambahan bagi suatu bangunan. Supaya dapat memenuhi unsur keamanan tersebut, maka suatu teralis hendaknya memiliki tingkat kerapatan antar susunan atau rangkaian batang bahan teralisnya sekitar 20 cm hingga 30 cm. Semakin rapat jarak desain teralisnya, maka akan semakin bagus, namun perlu diperhatikan juga mengenai segi estetikanya, yakni agar teralis tidak tampil seperti kandang ayam atau jeruji penjara.

Selain itu perlu pula disediakan ruang bagi satu buah tangan guna membuka dan menutup jendela atau handel pintunya. Oleh karena itu tidak bisa sembarangan juga dalam menyusun desain suatu teralis yang tepat dan benar. Demikian pula dalam pemasangannya, demi keamanan maka sebaiknya teralis dipasang dengan baut yang cara buka tutupnya adalah dari sisi bagian dalam rumah, sehingga tidak akan bisa dengan mudah dibobol oleh pencuri pada saat bangunan kosong tanpa penghuni, atau ketika malam hari saat penghuni sedang beristirahat di ruang kamar tidur masing-masing. Akan lebih aman lagi jika teralis yang ada dibuat secara tanam permanen pada kusen jendela atau pintunya. Namun segala hal pertimbangan demi keamanan tersebut juga perlu disertai dengan pemikiran dan pertimbangan juga mengenai kemungkinan terjadinya kondisi darurat, seperti kebakaran atau kebanjiran yang mengharuskan penghuni rumah agar secepatnya, sesegera mungkin untuk keluar rumah, meski itu harus lewat jendela misalnya. Sehingga perlu juga disisakan satu buah jendela yang teralisnya tidak ditanam secara permanen agar bisa di buka dengan mudah, terutama dari dalam rumah, pada suatu saat jika terjadi kondisi darurat.

Jasa Pasang Teralis Tangerang

Ciri Teralis yang Tepat dan Baik bagi Suatu Bangunan

Suatu teralis yang tepat dan baik itu, tidak bisa didesain dengan secara sembarangan, juga dengan pemasangannya, karena suatu teralis yang tepat dan baik itu antara lain harus dapat memenuhi beberapa unsur sebagai berikut.

Memenuhi Unsur Keamanan

Pertama, sesuai fungsi dan tujuan utama pemasangan teralis itu, yakni teralis tersebut haruslah terbuat dari bahan yang cukup kuat dan awet serta mudah pemeliharaannya dan didesain dengan baik, guna memenuhi unsur keamanan, yakni antara lain harus didesain dengan kerapatan minimal 30 cm atau lebih rapat lagi, dan juga diukur dengan tepat, karena jika ada selisih dengan ukuran jendela atau pintunya sekitar 0,5 cm saja maka akan bisa membuat pemasangannya menjadi tidak rapi dan mengurangi kekuatannya sehingga pada akhirnya akan mengurangi kemampuannya dari segi tingkat keamanannya, karena menjadi mudah untuk dibobol, dicongkel atau dibuka dengan paksa. Itulah selain jenis kekuatan bahan dan desainnya maka cara pemasangannya juga perlu diperhatikan, agar teralis tidak mudah dibuka paksa dari luar dan dicongkel oleh pencuri.

Dengan salah satu caranya adalah dengan membuat agar cara buka dan pasang skrupnya adalah dari sisi bagian dalam bangunan, atau bisa juga teralis tersebut dibuat tanam permanen pada kusen jendela atau pintunya. Kini bahkan berkembang trend baru, yakni berupa teralis yang ditanam pada bagian dinding temboknya secara langsung, baik itu dinding tembok bagian luar dan akan lebih aman lagi jika dipasang di dinding tembok bagian sisi dalam rumah. Jadi ukuran teralis tersebut dibuat lebih besar dari ukuran jendelanya dan kemudian dipasang langsung dieratkan atau dikaitkan dengan dinding temboknya, di sisi kanan kiri dan atas bawah jendelanya. Dengan demikian maka teralis bisa terpasang dengan lebih kuat karena langsung menempel pada bagian dinding tembok bangunan. Ada yang memasangnya di dinding sisi bagian luar bangunan, namun ada juga yang memasangnya di dinding sisi bagian dalam bangunan. Jika teralis itu dipasang pada dinding tembok bagian luar bangunan, maka bukaan jendelanya haruslah yang dapat dibuka tutup ke arah dalam bangunan, dan desain teralis dapat dibuat dengan tingkat kerapatan yang lebih, karena tidak perlu memikirkan dan menyediaan ruang bagi satu buah tangan untuk membuka dan menutup jendela dari dalam ke arah luar. Sedangkan jika teralis dipasang di dinding sisi bagian dalam bangunan maka dalam model desainnya, perlu disediakan ruang bagi setidaknya satu buah tangan untuk membuka dan menutup jendela karena bukaan jendelanya mengarah ke luar bangunan.

Memenuhi Unsur Keindahan

Selain untuk keamanan, suatu teralis juga dipasang untuk dinikmati keindahannya. Oleh karenanya desain teralis yang tepat dan baik itu juga harus bisa memenuhi syarat keindahan tersebut, yakni antara lain serasi dengan lingkungan sekitarnya, yaitu dengan tema atau gaya bangunannya, eksterior dan juga interior bangunan. Tak harus dalam warna yang sama dengan warna jendela atau pintu atau dengan warna kawat kassa nyamuknya atau warna gordennya, ataupun dengan warna meja atau kursi sofanya atau tempat tidur atau lemarinya, namun haruslah serasi dan nampak cantik dan indah, nyaman dipandang mata.

Dari segi pemilihan bahan teralisnya maka bangunan, dengan gaya minimalis, bisa menggunakan besi tempa, atau besi cor ataupun baja konstruksi, sedangkan bagi rumah bergaya etnik tradisional maka akan lebih tepat dan serasi serta indah jika menggunakan teralis berbahan kayu, misalnya. Desain motifnya juga haruslah sesuai dan tidak bertabrakan atau berlawanan dengan tema gaya bangunannya. Motif desain melingkar-lingkar membentuk alur tanaman misalnya akan lebih cocok untuk bangunan bertema gaya klasik, sedangkan motif desain garis-garis atau kotak-kotak atau bulatan berulang besar kecil bisa diterapkan untuk bangunan bertema minimalis.  Begitu juga dengan jenis gordennya. Pilihlah teralis dengan desain bergaris bentuk horizontal jika tirainya menggunakan jenis horizontal blind. Sedangkan untuk tirai jenis vertikal blind maka pilihlah desain teralis yang berbentuk vertikal juga. Tergantung aliran gaya minimalisnya, karena untuk gaya kontemporer minimalis modern, dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan juga dengan interior maupun kondisi eksterior bangunan lainnya di sekitarnya, maka bisa juga diambil gaya bertabrakan, perpaduan antara motif vertikal dengan horizontal antara desain teralis dengan gordennya. Perhatikan saja pilihan warnanya agar hasil akhir tampilannya tidak menjadi terlalu ramai,  sesuaikan juga dengan besar kecilnya atau lebar tipisnya variasi ukurannya.

Itulah seluk beluk mengenai jasa pembuatan teralis di Tangerang.