Tukang Teralis di Serpong

Tukang Teralis di Serpong

Tukang Teralis Di Serpong – Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat akan memesan teralis untuk rumah. Poin tersebut nantinya akan berhubungan dengan jumlah pengeluaran yang harus Anda siapkan. Tidak sedikit orang yang mengeluh karena budget yang ada ternyata mengembang menjadi sangat besar dan alhasil Anda terpaksa mencari pinjaman sana sini guna menyempurnakan teralis yang kadung dipesan. Pada artikel ini akan dibahas tentang bahan dasar pembuat teralis, harga, cara menghitung dan perawatan agar awet berpuluh tahun.

Bahan Dasar Teralis

Pada umumnya, teralis menggunakan bahan besi dengan ketebalan antara 5-10 mm, penggunaan besi ini memang sangat disarankan sekali karena ketahanan dari benda panas dan keras yang tinggi. Ada banyak kasus yang terjadi dalam penggunaan teralis besi memang unggul dalam mengatasi pencurian. Keunggulan besi tidak mudah digergaji, untuk dicopot butuh waktu lama, berat, dan anti remuk saat terjadi kebakaran. Memang besi yang sudah terbakar cenderung rapuh kualitas kekuatannya namun setidaknya tidak habis seperti bahan kayu yang menjadi abu. Bahan besi ini memiliki kelasnya tersendiri. Besi dengan kelas tebaik memang berharga tinggi dan Anda tidak perlu meragukan kapan keroposnya. Besi yang berkualitas tinggi jika diolah dengan baik awet hingga 30 tahun tanpa keropos namun memang untuk menempa besi ini Anda butuh ekstra kekuatan besar.

Tukang Teralis di Serpong

Untuk besi kualitas sedang adalah besi yang telah dicampur dengan berbagai bahan seperti aluminium, perak, tembaga. Dari ketahanan memang tetap bagus bekisar 15 tahun asalkan dengan perawatan yang ekstra. Ada pula teralis jendela yang menggunakan bahan kayu dan stainless steel, tergantung dari selera.

Cek Harga dan Cara Menghitung

Dalam pembuatan teralis jendela atau pintu gerbang, semuanya tergantung dari poin ukuran. Semakin besar ukuran maka semakin banyak pula bahan yang diperlukan untuk membuat dan tentunya harga semakin tinggi. Adapun ukuran stAndar yang biasa dipakai adalah sebagai berikut:

  • Ukuran Kecil

Luas pengerjaan bidang kecil ini adalah 100 x 40 cm, dengan tebal besi 10 mm, jenis frame siku, finishing dengan cat semprot dan anti karat harganya bekisar Rp. 250 ribu – Rp. 350 ribu. Untuk desain yang Anda pesan ini juga berpengaruh dengan harga, rata-rata harga di atas adalah desain stAndar yang tidak terlalu rumit. Apabila desainnya rumit maka kena cas (biaya tambahan) namun tidak dalam jumlah yang mahal. Bisa sekitar Rp. 50 ribu – Rp. 100 ribu.

  • Ukuran Sedang

Luas pengerjaan bidang sedang ini adalah 150 x 40 cm, dengan tebal besi 10 mm, jenis frame siku, finishing menggunakan cat semprot dan cat anti karat yang kisaran harganya mulai dari Rp. 300 ribu – Rp. 400 ribu. Dengan pengerjaan kelas sedang ini memang selisihnya tidak terlalu besar dengan ukuran kecil namun Anda bisa menghemat dengan memilih ukuran sedang dan hasilnya bisa maksimal.

  • Ukuran Besar

Luas pengerjaan bidang besar ini adalah 180 x 60 cm, dengan tebal besi 10 mm, jenis frame siku, finishing menggunakan cat semprot dan cat anti karat dengan kisaran harga Rp. 350 ribu – Rp. 450 ribu. Dengan selisih yang tidak terlalu banyak ini Anda bisa memanfaatkan untuk memesan teralis utama, seperti kebutuhan jendela sekolah atau kampus.

Untuk 3 jenis ukuran di atas menggunakan bahan stAndar besi kualitas sedang, sedangkan jika Anda ingin memesan dari bahan stainless steel mungkin harganya sedikit lebih tinggi. selisih angka Rp. 50 ribu – 80 ribu per buah. Untuk bahan dari kayu, terkadang seringkali tidak disarankan mengingat bahan kayu mudah dimakan rayap dan digores menggunakan gergaji. Ketahanan kayu sebenarnya juga cukup lumayan akan tetapi desain dari bahan kayu terbatas tidak bisa dilengkungkan seperti pada besi.

Selain itu, penggunaan kayu sebagai teralis cenderung sangat mahal karena kayu yang digunakan pastinya kayu jati belanda yang awet dan teksturnya keras.

Tukang Teralis BSD

Cara Merawat

Teralis dengan bahan dari besi atau kayu memiliki fungsi yang sama yaitu nilai seni dan keamanan. Seringkali orang enggan memasang teralis karena alasan takut, apabila terjadi kebakaran atau terkunci di dalam rumah tidak ada area yang bisa dibuka. Mungkin petimbangan inilah orang lebih suka membangun jendela dengan kondisi apa adanya. Selagi masih aman tidak masalah tetapi pencuri bisa saja masuk lewat jendela atau pintu memang perlu diperhatikan.

Saat Anda yakin dengan teralis jendela atau pintu maka rawatlah dengan baik melalui langkah-langkah di bawah ini:

  • Bersihkan Setiap Hari

Hal umum yang seringkali disarankan adalah selalu bersihkan setiap hari secara rutin, memang benar karena debu dan bakteri yang menempel bisa menyebabkan korosi dan pengelupasan cat. Membersihkan dengan kain basah bisa menurunkan angka korosi (perkaratan).

  • Perbaharui Dengan Cat

Cat ulang khusus anti karat dan anti jamur memang dibutuhkan agar lapisan besi tertutup dengan sempurna. Apabila cat lama ingin dicat ulang sebaiknya cat lama ini dibersihkan dengan larutan antiseptik dari debu agar ketika pelapisan cat baru mengikat dengan kuat. Kesalahan pengecatan bisa mengakibatkan senyawa asam masuk dan menggerogoti permukaan besi dan berkorosi.

  • Jauhkan Dari Kontak Asam

Secara tidak sadar kita sering memegang teralis dengan tangan yang mengandung asam (minyak, deterjen, obat oles), tetapi kendati demikian Anda bisa segera membersihkannya dengan tisu basah. Apabila teralis ditempatkan di luar ruangan seperti teralis pintu gerbang maka perawatannya adalah dengan menambahkan komposisi cat anti karat lebih besar dari porsi semula. Sinar matahari juga akan mempengaruhi keretakan lapisan cat, gunakan cat kualitas terbaik untuk melapisi teralis besi outdoor.

Proses pembuatan teralis rata-rata memakan waktu sekitar 2 minggu dengan jumlah objek yang dikerjakan 10 buah. Para tukang teralis di Serpong yang telah berpengalaman dalam bidang pembuatan dan pemasangan teralis ini cukup cekatan dalam mengelas setiap lipatan dan sambungan. Setiap sambungan satu dengan lainnya dihubungkan dengan mesin las, setelah semua tersambung dengan baik maka proses amplas dilakukan. Pengamplasan ini bertujuan agar permukaan bekas las halus dan pengotor yang menempel bisa hilang. Setelah, tahapan ini selesai maka dilakukan penyemprotan menggunakan cairan pembersih khusus anti karat pada setiap permukaan teralis. Pengolesan cat tidak boleh sembarangan, cat yang digunakan adalah cat khusus anti karat. Ada berbagai pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi rumah. Warna yang paling netral adalah putih, coklat, hitam dan krem.

Ingat ya, proses pewarnaan teralis ini menggunakan cat anti karat khusus dengan teknik yang lebih detil, jika Anda belum bisa melakukan pengecatan sempurna teralis, bisa memanggil jasa atau tukang yang telah terbiasa dengan pengerjaan demikian.

Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda yang berencana memasang teralis.

No Responses

  1. Avatar for Besi Raja Anonim Oktober 16, 2019 Send a Reply

Give a Comment

Call Now Button
× WhatsApp