Bengkel Las BSD

Bengkel Las BSD ( Bumi Serpong Damai )

Bengkel Las BSDAktivitas las memang sudah tidak asing lagi didengar, terlebih dari dalam dunia permesinan. Bengkel las termasuk salah satu penyedia jasa pengelasan dengan kualitas terbaiknya. Proses pengelasan adalah proses menyambungkan dua komponen menjadi satu melalui proses pencairan dari dua material yang bersangkutan dan disambung menggunakan materi yang menjadi bahan isiannya.

Las ini bisa dilakukan pada besi, logam bahkan stainless steel tergantung kebutuhan dalam pengelasannya. Setiap bahan yang berbeda tentunya akan membutuhkan jenis dan teknik yang berbeda pula dalam pengerjaannya. Nyatanya pengelasan memiliki berbagai macam jenis dan pengelasan yang memiliki kelebihan dan ciri khas masing-masingnya. Dimana bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Bengkel Las BSD

Banyaknya jenis pengelasan ini berkembang berdasarkan besarnya keinginan pasar yang bervariasi serta berkembangnya pula material yang bisa digunakan untuk proses pengelasan ini.

Jenis dan Macam Pengelasan Yang Biasa Dilakukan

Berdasarkan Panas Listrik

  • SAW (Submerged Arch Welding) 

SAW (Submerged Arch Welding) merupakan bentuk yang terbenam dalam pengelasan listrik. Dibutuhkan butiran fluks atau slag untuk menghindari proses pengaratan atau oksidasi pada material yang akan dilas. Hal inilah yang membuat material tetap terlindungi meskipun dalam kondisi apa pun.

Jenis ini juga digunakan oleh bengkel las BSD Indonesia dimana bengkel tersebut selalu mengutamakan kualitas dan kenyamanan pelanggannya serta menjamin kepuasan tanpa kecewa.

  • EBW (Electron Beam Welding) 

EBW (Electron Beam Welding)  merupakan proses pengeboman las elektron, dimana kinerjanya dihasilkan dari loncatan dari benda yang akan dilas tersebut. Biasanya dilakukan pada ruang hampa untuk menghindari adanya oksidasi atau pengeroposan pada material induk.

Jenis yang satu ini merupakan jenis yang banyak dicari pula setelah SAW dimana tidak semua bengkel memenuhi persyaratan untuk melakukan pengelasan jenis ini. Namun, jangan khawatir karena bengkel las BSD Serpong berani menghadirkan jenis ini untuk memenuhi kepuasan pelanggannya.

  • SMAW (Shield Metal Arch Welding) 

SMAW (Shield Metal Arch Welding)  merupakan busur las yang terlindungi saat menyalakan listriknya. SMAW banyak dipakai dalam pengelasan hampir di setiap bengkel yang ada. Dibutuhkan sekitar 23 sampai dengan 45 Volt AC untuk tegangannya, secara keseluruhan membutuhkan 200 Ampere untuk menghidupkannya. 

  • SW (Stud Welding) 

ESW (Electro Slag Welding) merupakan las baut fondasi yang berguna untuk menyambungkan beberapa material yang membutuhkan proses penyambungan yang kuat, kokoh bahkan tahan lama.

  • ESW (Electro Slag Welding)

ESW (Electro Slag Welding) merupakan busur terhenti dimana sifatnya mencairkan fluk dan mencari bahan yang bersifat konduktor atau menghantarkan cahaya listrik. Untuk mencairkan bahan induk diperlukan kepanasan dengan ukuran 3500° F atau setara dengan 1925° C.

  • ERW (Electric Resistant Welding)

ERW (Electric Resistant Welding) biasanya digunakan dalam pembuatan pipa RW dimana membutuhkan tingkat kepanasan yang tinggi untuk mencairkan material-material yang ada di dalamnya.

Butuh rekomendasi tempat yang bisa melakukan pengelasan jenis ERW ini? Maka jasa bengkel las BSD merupakan jawabannya. Dapatkan penawaran harga pengelasan yang menarik dan pelayanan yang profesional di dalamnya.

Berdasarkan Ledakan dan reaksi isotermis

EXW (Explosion Welding) merupakan las yang bersumber panasnya dari sebuah letupan ledakan sebuah amunisi yang dipasang pada tempat atau mold. Sangat praktis digunakan untuk menyambung material-material yang keras dan kuat seperti kawat besi dan baja.

Caranya cukup mudah hanya dengan menarik ujung-ujung tambang dari kawat kemudian memasukkannya ke dalam mold yang sudah ada amunisinya. Kemudian serbuk peledak dihidupkan dengan korek dan terjadilah ledakan yang memberikan suhu panas. Ledakan yang terjadi akan mencairkan dua material yang sudah disediakan kemudian cairan tersebut akan mengisi mold.

Berdasarkan Panas Listrik dan Gas

  • GMAW (Gas Metal Arch Welding) 

GMAW (Gas Metal Arch Welding) tersusun atas dua macam komponen yaitu MIG (Metal Active Gas) dan MAG (Metal Inert Gas) merupakan pengelasan yang berasal dari busur listrik. Sebagai bahan untuk melindungi dari oksidasi menggunakan gas kekal. MIG bermanfaat untuk pengelasan pada besi dan baja, sedangkan sebagai pelindungnya adalah Karbon. TIG bermanfaat untuk mengelas non besi dan gas dengan menggunakan Helium sebagai pelindung oksidasinya.

  • Gas Tungsten Arch Welding atau Tungsten Inert Gas

GTAW atau TIG merupakan proses pengelasan menggunakan busur yang menyala dengan memanfaatkan elektroda dengan wolfram sebagai alat pembuatnya, selain itu bahan campurannya harus sesuai dengan materi yang menjadi pengisi bahan induknya. Sebagai pelindung dari oksidasi biasanya digunakan gas kekal sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. 

  • FCAW (Flux Cored Arch Welding)

FCAW (Flux Cored Arch Welding) prosesnya hampir sama dengan GMAW dimana menggunakan Karbon sebagai pelindung oksidasinya. Namun yang menjadi keunikannya adalah pada FCAW ini terdapat robot sebagai penggerak proses pengelasan ini.

  • PAW (Plasma Arch Welding)

PAW (Plasma Arch Welding) merupakan las listrik yang sama dengan GTAW namun mencampurkan Argon, Nitrogen dan Hidrogen sebagai plasmanya. Plasma merupakan sebuah gas yang dibuat sebagai pengantar arus dengan suhu di atas 5000° C.

Berdasarkan Panas Yang Dihasilkan Campuran Gas

  • OAW (Oxigen Acetylene Welding)

Merupakan las karbit yang menggunakan Oksigen sebagai penghantar panasnya. Ada juga yang memilih menggabungkan beberapa jenis pemanas yang terdiri atas zat asam, Hidrogen, dan OHW.

Kelebihan dan Kekurangan Pengelasan

Selain jenisnya, pengelasan juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib Anda tahu sebelum memutuskan untuk melakukan pengelasan atau tidak pada logam Anda, diantaranya:

Kelebihannya:

  • Efisiensi dalam proses penyambungan
  • Logam yang disambungkan bebas
  • Sambungan yang sempurna
  • Sambungan kuat
  • Lebih murah, ekonomis dan mudah ditemukan
  • Kelenturan yang terjaga dengan baik

Kekurangannya:

  • Kualitas logam induk dan isi yang harus sesuai
  • Terjadi distorsi pada proses pemanasannya
  • Terjadinya kerusakan dan keretakan jika pemanasan tidak sempurna
  • Kerusakan sambungan sangat sulit untuk dideteksi
  • Pembongkaran yang susah

Itulah jenis dan macam dari pengelasan yang tentunya memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi masing-masing. Dimana pengelas profesional pasti tahu jenis apa yang akan digunakan untuk mengeksekusi bahan yang terbuat dari apa.

Selain itu pastikan juga kebutuhan Anda mengenai proses pengelasan ini apakah memang membutuhkan atau tidak mengingat pertimbangan pada kekurangan dan kelebihan yang dijelaskan di atas.

Tempat Bengkel Las BSD Terbaik

BengkelTeralis.com merupakan tempat las BSD terbaik yang ada di Jadetabek dan sekitarnya. Untuk melakukan pemesanan silahkan lakukan langkah berikut ini:

  1. Hubungi jasa las kami secara online di nomer kontak 0813-8942-4255 atau bisa juga langsung datang ke workshop kami yang beralamat di Jalan Hidup Baru No.9 Sarua Ciputat, Tangerang Selatan.
  2. Setelah penawaran disetujui maka silahkan transfer DP (Down Payment) sebesar 50%.
  3. Pengerjaan akan segera dilakukan dengan baik. Lama pengerjaan tergantung volume pekerjaan kami.
  4. Setelah pekerjaan selesai silahkan melakukan pelunasan pembayaran.

Bengkel las BSD menawarkan juga jasa pasang teralis pagar rumah ataupun gedung lainnya. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Give a Comment

Call Now Button
× WhatsApp