Bengkel Las Bintaro

Bengkel Las BintaroBengkel las merupakan bengkel yang menyediakan jasa mengelas dengan pengalaman yang profesional dan menjunjung tinggi kualitasnya. Kegiatan mengelas tidak bisa dibilang kegiatan yang sepele, karena buktinya kegiatan ini membutuhkan keuletan dan ketelatenan oleh para profesional yang melakukannya. Ternyata ada beberapa tips khusus yang bisa dilakukan dalam mengelas.

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Pengelasan

Segi Keamanan

Jasa bengkel las Bintaro merupakan salah satu jasa yang sering digunakan oleh masyarakat. Nyatanya dalam mengelas hal utama yang harus diperhatikan adalah segi keamanannya. Baik dari pegawai yang melakukan aktivitas ini ataupun benda yang sedang dilas. Hal ini bertujuan juga untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan juga kualitas las yang dihasilkan.

Bengkel Las Bintaro

Siapkan perlengkapan dan peralatan yang digunakan untuk pelindung diri dalam mengelas. Perlengkapannya bisa berupa helm jenis BlueFX & ViewFX dimana bisa menggelap secara sendirinya, jaket tahan api dan sarung tangan. Peralatan ini akan menunjang kinerja pegawai dan keselamatannya dalam bekerja.

Pemilihan Sistem Pengelasan

Proses pengelasan kawat yang menggunakan kawat yang berbentuk gulungan kemudian dikaitkan menggunakan pistol, disertai dengan kawat yang bisa dihidupkan dan dimatikan secara otomatis. Ini merupakan teknik yang ekonomis dan tepat untuk lempengan logam serta lebih efisien dalam biaya dan waktu seperti yang dipilih bengkel las Bintaro Jakarta Selatan.

Sementara itu ada dua jenis kawat las yang bisa dipilih:

  • Flux-cored: model ini merupakan kawat yang dirancang tanpa pelindung tergantung dengan bahannya. Bentuk ini cocok digunakan untuk pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan.
  • MIG (Metal Inert Gas): las dari kontaminasi sangat mempengaruhi pengelasan MIG berdasarkan aliran pelindung gas yang ada. Jenis ini sangat efisien dilakukan di dalam ruangan karena jika di luar ruangan akan membutuhkan tabung gas yang berat dan tidak efisien jika dibawa berpindah-pindah tempat.

Sistem pengelasan yang ada antara lain:

  • Tungsten Inert Gas (TIG)

TIG sangat disukai oleh banyak orang karena hasil lasnya yang lebih halus dan merata. Cocok digunakan untuk mengelas logam yang sangat tipis atau lempengan tanpa membuatnya menjadi rapuh. Namun yang menjadi kekurangannya adalah TIG harus dilakukan oleh profesional yang terlatih dalam hal ini karena memang teknik ini sangat sulit untuk dipelajari. Selain itu TIG hanya bisa dijalankan dengan kemampuan setingkat  AC / DC yang tidak ada di semua bengkel.

  • Las Stik Stick (SMAW)

Jika memang membutuhkan pengelasan yang cenderung cepat maka SMAW ini cocok untuk dipilih. Jenis ini sangat mudah diatus dan tidak memerlukan pembungkus kawat atau logam. 

Sayangnya stick yang ada disini cenderung rapuh dan lebih cepat berkarat sehingga tidak akan dipilih jika memang masih tersedia waktu yang cukup longgar untuk memilih teknik yang lain. Bisa dikatakan teknik ini hanya diperlukan dalam keadaan urgen dan tidak untuk penggunaan jangka panjang.

Segi Pemilihan Mesin

Proses pengelasan tidak bisa asal dalam memilih mesin ataupun menggunakan satu mesin untuk semuanya. Selain mempengaruhi kualitas yang dihasilkan, nyatanya mesin dan benda yang dilas memiliki pasangannya masing-masing yang akan mempengaruhi keawetan mesin dan hasil lasnya.

Dalam pemilihan mesin yang akan digunakan bisa memperhatikan beberapa kriteria seperti berikut ini:

  • Macam material yang digunakan

Pastikan Anda mengerti material apa yang akan dilas beserta lunak tidaknya bahan pembangunnya. Hal ini akan menentukan tingkatan mesin yang akan dipilih untuk meratakannya.

  • Sisi ketebalan

Selain jenis pembangunnya jangan lupa pastikan berapa ketebalan yang ada pada benda tersebut. Benda yang terlalu tebal akan membutuhkan mesin las yang super kuat.

  • Posisi dalam pengelasan

Nah posisi pengelasan ini juga harus diperhatikan, apakah akan dilakukan di luar ruangan atau cukup selesai di dalam saja. Ketika cukup dilakukan di dalam saja maka akan efisien dalam waktu dan tenaga. Berbeda lagi jika harus di luar yang lebih menguras waktu dan tenaga.

  • Jumlah Pekerja 

Pastikan juga berapa orang yang akan mengerjakan las tersebut dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk memastikan semuanya benar-benar selesai tepat pada waktu yang diinginkan.

  • Energi yang dibutuhkan

Hal ini berkaitan dengan posisi dan jumlah pekerja. Dimana keduanya akan mempengaruhi energi yang akan digunakan dalam mengelas ini.

Segi Kebersihan Bahan

Bengkel las Bintaro terbaik selalu mengutamakan kebersihan dalam pekerjaannya. Pastikan semua material dari bahan terjamin bersih. Kotoran seperti minyak, cat, karat akan membuat las menjadi buruk dan menurunkan kualitasnya. Maka dari itu sebelum melakukan proses pengelasan lebih baik sikat dahulu peralatan yang akan digunakan untuk menghindari adanya kotoran yang masih menempel di sana.

Segi Baiknya Pengaturan

Selain bahan yang bersih, pengaturan yang baik dan benar juga akan mendukung kualitas dari hasil lasnya. Setiap mesin pasti dilengkapi dengan tata cara pengaturan mesin yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Hal ini akan menentukan pengoptimalan mesin dalam melakukan aktivitas las.

Pengaturan yang asal-asalan akan merugikan bengkel dan juga pelanggannya. Dimana mesin akan bergerak tidak optimal dan menghasilkan produk las yang hancur dan tidak mulus sesuai harapan para pelanggan yang sudah mempercayakan.

Pastikan Kesesuaian Mesin dan Las

Ada hitungan yang berbeda-beda dalam melakukan kegiatan las ini berdasarkan jenis bahan yang akan dilasnya. Dimana tegangan-tegangan dan grafik referensi akan menunjukkan tingkat kesesuaian untuk keduanya. Disini Anda bisa melihat panduan lengkapnya secara online serta bagaimana cara pengaplikasiannya.

Mesin dan las yang tidak sesuai akan memperpendek umur mesin yang diharuskan bekerja ekstra untuk bahan yang cenderung terbuat dari bahan yang tebal dan keras. Terlebih lagi hasil las tersebut akan menjadi kasar dan tidak sehalus yang seharusnya.

Berlatihlah

Tidak ada yang sempurna tanpa latihan yang berkelanjutan. Begitu pula dengan kegiatan las ini, dimana pegawai-pegawai yang memegang peranannya pasti sudah melakukan pelatihan-pelatihan serta mengantongi berbagai macam kisah kegagalan yang tidak akan diulanginya. Sehingga seiring waktu hasil lasnya akan menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Itulah beberapa tips mengelas yang bisa dilakukan dari bengkel Las Bintaro. Dimana yang terpenting adalah ada rasa tekat untuk belajar, telaten dan tidak mudah menyerah serta mengutamakan keselamatan diri dalam bekerja.

Jasa Bengkel Las Bintaro dan Keunggulannya

BengkelTeralis.com menawarkan jasa buat dan pasang teralis pagar rumah sekaligus jasa pengelasan. Area kerja kami meliputi Jadetabek dan sekitarnya. Kami memiliki keunggulan seperti:

  1. Tenaga kerja profesional dan berpengalaman di bidangnya
  2. Harga yang bersaing dengan jasa atau bengkel las lainnya
  3. Produk yang terjamin kualitasnya dan keawetannya
  4. Bisa disewa kapan saja dengan cara menghubungi online dan offline
  5. Pekerjaan yang bergaransi demi kepuasan pelanggan

Bagi Anda yang tertarik menyewa jasa kami, jangan ragu lagi menghubungi di nomer telepon atau WA 081389424255. Bisa juga langsung cek workshop bengkel las Bintaro kami yang beralamat di Jalan Hidup Baru No.9 Sarua Ciputat, Tangerang Selatan.

Give a Comment

Call Now Button
× WhatsApp