Bengkel Las Stainless Bintaro

Bengkel Las Stainless BintaroBengkelTeralis.com menyediakan jasa khusus dalam pengelasan stainless steel yang dijamin halus dan tahan lama. Dalam melakukan pengelasan ini membutuhkan teknis khusus untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan stainless merupakan bahan yang terbuat dari campuran bahan lain dan cenderung memiliki masa yang berbeda-beda.

Stainless steel itu sendiri merupakan sebuah senyawa mirip besi yang berisi 20,5 persen senyawa Kromium yang berguna untuk menghambat atau menghilangkan proses pengaratan. Kemampuan ini didukung adanya lapisan di kromium yang melindungi dari perubahan cuaca baik panas maupun dingin karena proses oksidasi pada besi sudah terlindungi dengan sempurna.

Bengkel Las Stainless Bintaro

Stainlees steel banyak dipilih karena bahannya yang super ringan namun tidak mudah karatan, berbeda dengan besi meskipun harga yang ditawarkannya cenderung lebih mahal dari besi. Stainless ini membutuhkan perawatan yang khusus baik dalam pemanasannya maupun untuk membersihkannya. Hal ini bertujuan untuk menjaga lapisan anti korosi yang ada di dalamnya sehingga keawetannya akan tetap terjaga dengan baik.

Cara Pengelasan Stainlees Steel Yang Benar

Keamanan

Hampir sama dengan proses pengelasan pada umumnya dimana keamanan memang hal utama, baik keamanan petugas yang melakukan atau bahan yang sedang dilas. Pakailah baju dan celana yang full serta terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan tidak gerah. Lapisi dengan baju kerja yang bisa melindungi diri Anda dari minyak dan kotoran. Lengkapi dengan sarung tangan, helm sesuai SNI dan kacamata pelindung. Semua pegawai yang ada di bengkel las stainless Bintaro sudah menerapkan standar ini.

Pemilihan metode yang sesuai

Setelah keamanan sudah disiapkan maka hal selanjutnya yang dilakukan selanjutnya adalah menentukan metode yang sesuai untuk dipilih. Metode yang digunakan biasanya meliputi lap, T, tepi, belakang dan yang terakhir adalah sudut. Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan metode ini adalah ketebalan logam yang akan dilas, kekuatan dari bahan stainless yang akan dilas. Biasanya bengkel las stainless Bintaro Jakarta Selatan melakukan pengkajian dan pengukuran secara mendalam sebelum terjun di lapangan.

Perlengkapan

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk proses las. Dimana diperlukan kehati-hatian dalam mengamankan atau menyimpan logam yang akan digunakan serta peletakan jig agar mudah diambil jika dibutuhkan. Hal sepele ini biasanya terabaikan padahal perannya sangat penting dan akan lebih hemat waktu dan tenaga pastinya. Jasa bengkel las stainless Bintaro selalu mewajibkan anak buahnya untuk melakukan pengecekan sebelum bekerja.

Pemilihan proses las

Ada berbagai macam jenis proses yang bisa digunakan untuk stainless, tergantung ketebalan dan kriteria yang harus dipenuhi lainnya seperti berikut ini:

  • Flux cored arc welding: proses ini cocok dilakukan untuk pengerjaan di luar ruangan (outdoor) dimana kawat yang ada di dalamnya sudah dirancang untuk bisa melindungi dirinya tanpa membutuhkan pelindung khusus.
  • Shielded metal arc welding (SMAW): teknik ini adalah teknik yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Namun yang menjadi kekurangannya adalah stik di dalamnya cenderung mudah rusak dan berkarat.
  • Gas metal arc welding (GMAW): teknik ini membutuhkan banyak tenaga dan gas yang harus dipindahkan jika terpaksa melakukan pengelasan secara outdoor.
  • Tungsten gas pengelasan busur (GTAW): hasil dari GTAW ini cenderung lebih halus namun membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Pemilihan pelindung gas

Dalam banyak proses pengelasan di atas, tidak semuanya membutuhkan pelindung gas karena sudah termasuk di dalamnya seperti SMAW. Sehingga pelindung gas ini hanya dibutuhkan untuk proses dan metode yang memang benar-benar berbahaya dan membutuhkan pelindung gas yang disesuaikan pula dengan bentuk gas yang digunakan. Pemilihan pelindung gas yang asal-asalan akan membahayakan.

Pemilihan logam

Logam dasar harus tetap terlihat menjadi logam dasar meskipun nantinya keduanya akan menyatu. Jika harus menggunakan logam yang berbeda maka logam yang menjadi isianlah yang harus disesuaikan/ menyesuaikan dengan dasarnya. Logam dasar adalah penentu dari keberhasilan proses pengelasan yang ada. Pemilihan logam yang salah dan tidak seimbang akan membuat logam dasar menjadi tidak berguna.

Proses pembersihan logam dasar stainless steel

Proses yang dilakukan harus dengan hati-hati dan telaten, jangan sampai merusak lapisan pelindung oksidasi yang ada di dalam stainless ini. Sikatlah bagian baja untuk menghilangkan oksida yang ada di dalamnya. Jangan lupa gunakan masker dan kaos tangan untuk melindungi dari minyak dan kotoran saat proses pembersihan tersebut berlangsung.

Suhu yang digunakan

Dalam proses pengelasan biasanya suhu yang dipilih adalah suhu kamar, dimana tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas pula. Namun jika stainlees sudah cukup bagus maka tidak perlu dilakukan proses pemanasan lagi. Proses pemanasan hanya diperlukan ketika feritik atau martensik terjadi, tingkat ketebalan dalam stainless steel terlalu tebal dan adanya kandungan karbon yang tinggi.

Memperhatikan penerapan obor las

Stainlees steel memang bahan yang kuat bahkan bisa dibilang besi yang anti karat. Namun nyatanya dalam penerapan obor las diperlukan banyak hal yang perlu diperhatikan seperti lamanya waktu yang digunakan dan tingkat kepanasan dalam kegiatan lasnya. Penerapan obor las yang asal-asalan akan menghasilkan las yang kurang maksimal dan mudah rapuh.

Pemanasan setelah pengelasan

Proses pendinginan yang cenderung sangat cepat yang terjadi pana stainlees mengakibatkan kerusakan internal dan berujung pada keretakan. Maka dari itu pentingnya proses pemanasan setelah pengelupasan ini untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

Membersihkan peralatan dan mesin

Setelah selesai dalam melakukan pengelasan, maka hal lain yang harus dilakukan adalah pembersihan terhadap minyak, residu dan kerak yang ada di sana. Pembersihan ini bertujuan untuk menjaga keawetan peralatan dan mesin yang akan digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Peralatan dan mesin yang dibiarkan kotor akan mengakibatkan korosi dan pengurangan optimalitas dalam pengerjaannya.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk pengelasan pada stainlees steel. Meskipun bahan ini terkesan kuat, nyatanya juga membutuhkan perawatan yang khusus agar bahan di dalamnya tidak rusak dan tetap tahan lama.

Bengkel Las Stainless Bintaro

Bengkel las kami menawarkan jasa pasang teralis pagar untuk rumah minimalis maupun area gedung lainnya seperti kantor, rumah sakit, hotel, dsb. Kami adalah jasa bengkel las berpengalaman yang telah mengerjakan banyak proyek.

Sebagai salah satu jasa las, kami memiliki tenaga kerja profesional dan berpengalaman. Ahli-ahli kami bisa membantu pengelasan yang rapi dan hasilnya berkualitas. Begitu pula untuk pemasangan teralis.

Bagi Anda yang tertarik untuk sewa jasa bengkel las stainless Bintaro dari BengkelTeralis.com, maka bisa langsung menghubungi kami di nomer kontak telepon/ WA 0813-8942-4255 atau bisa juga langsung datang ke workshop kami yang beralamat di Jalan Hidup Baru No.9 Sarua Ciputat, Tangerang Selatan. Kami juga menawarkan tukang las panggilan.

Give a Comment

× WhatsApp