Bengkel Las di Jakarta SelatanMemulai bisnis pengelasan nyatanya merupakan awal yang baik untuk membuka usaha baru dengan memanfaatkan peluang yang ada. Dimana usaha pengelasan ini banyak dipilih karena tidak membutuhkan modal dan tenaga kerja yang banyak. bisa dibilang asalkan punya modal bisa membuka usaha ini, dengan catatan harus memiliki tenaga kerja yang ahli dan bersertifikasi.

Nyatanya untuk membuka bengkel las ini diperlukan banyaknya pengetahuan mengenai dunia seputar pengelasan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui selera pasar serta strategi yang tepat untuk menawarkan jasa yang sedang ditekuni tersebut. Strategi seperti promosi dan pemasaran yang tepat juga akan mempengaruhi besar dan berkembangnya usaha pengelasan ini. Seperti yang dilakukan oleh bengkel ternama seperti jasa bengkel las di Jakarta Selatan.

Bengkel Las di Jakarta Selatan

Namun yang lebih penting adalah mengetahui setiap perbedaan lengkap dengan keunggulan dari setiap mesin yang dipilih dan tidak hanya dengan asal memilih mesin tanpa adanya alasan yang kuat. Pemilihan mesin juga harus didasarkan dengan penawaran jasa yang akan dilakukan serta tingkat kemampuan yang akan diberikan. Sekaligus memberikan rincian mengenai biaya bengkel las di Jakarta Selatan nantinya.

Mesin las dibedakan menjadi dua macam yaitu mesin las listrik dan mesin las karbit. Dimana keduanya memiliki fungsi yang sama dalam proses pengelasan nantinya. Kinerjanya juga sama yaitu menggunakan aliran listrik dan gas karbit untuk memanaskan logam yang akan dilelehkan. Kemudian lelehan tersebut akan disambungkan dengan logam yang lain dan menjadi satu kesatuan.

Tentunya adanya mesin yang berbeda di atas memiliki kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mesinnya. Yang nantinya akan dipilih oleh para pengelas dan disesuaikan dengan kebutuhan pengelasan mereka. Saat ini sudah banyak penyedia jasa sewa bengkel las di Jakarta Selatan untuk memberikan harga yang lebih murah dan inovasi yang lebih kreatif sesuai dengan keinginan para pemborong.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las

Mesin Las Karbit

Mesin ini menggunakan gas acetylena yang digunakan untuk proses pemanasannya. Dimana las karbit ini adalah pelopor berdirinya las di dunia sebelum berkembangnya las listrik. Las karbit cenderung lebih kuat dan mampu menembus besi dengan pipihan yang tebal dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan pengelasan dengan hasil yang halus. 

Kelebihan Las Karbit:

  • Lebih murah

Peralatan yang dibutuhkan lebih murah karena tentu saja berbeda dengan peralatan listrik yang membutuhkan komponen yang lebih konkret dan safety yang tinggi karena berkaitan dengan tegangan listrik yang bisa menimbulkan kecelakaan besar saat bekerja.

Berbeda dengan las karbit, dimana las karbit hanya membutuhkan korek api dan kawat las untuk memunculkan sumber energinya kemudian bisa memulai proses penyambungan las ini dengan baik. Tentu saja untuk harga juga lebih murah seperti layaknya harga bengkel las di Jakarta Selatan yang terjangkau. 

  • Lebih terjangkau perawatannya

Perawatan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan las energi listrik. Hal ini berkaitan dengan komponen dari karbit yang simpel dan mudah untuk diotak-atik sendiri jika mengalami kerusakan kecil pada badannya.

Jadi proses pembersihannya pun juga sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa perlu mengunjungi orang yang ahli dalam bidangnya. Pembersihan mesin secara berkala atau rutin setelah pakai bisa memperpanjang umur dari mesin.

Pembersihan yang jarang atau lepas pakai ditinggal begitu saja akan memicu terjadinya plak atau kotoran yang mengering pada mesin dan mengurangi kinerja dari mesin ini untuk selanjutnya.

  • Teknik sederhana

Teknik yang digunakan untuk las karbit ini cenderung lebih sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang telah menguasainya. Berbeda halnya dengan teknik untuk las listrik yang lebih membutuhkan kehati-hatian yang lebih banyak.

  • Cocok untuk ketebalan besi maksimal 2 mm

Tentunya sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa karbit las ini memang bisa digunakan untuk segala macam hal terutama untuk permukaan yang luas dan tebal.

Kekurangan Las Karbit:

  • Kekurangan yang pertama adalah terletak pada ukuran tabung yang sangat besar dan berat sehingga mempersulit pekerja untuk memindah-mindahkannya demi keefisienan pekerja.
  • Jika menginginkan memilih menggunakan karbit las ini maka modal yang harus dikeluarkan juga sangat besar meskipun di awal saja. Hal ini disebabkan oleh mahalnya harga tabung gas untuk pembelian di awal.
  • Selang las tidak fleksibel dan menyulitkan bagi para pekerja untuk mengubah posisi tubuhnya. Tentu saja hal ini akan membuat rasa capek yang berlebih bagi para pekerja apalagi ditambah dengan pekerjaan yang tidak kunjung selesai.
  • Tidak cocok untuk ketebalan besi di atas 2mm. Meskipun memang terkenal kuat nyatanya karbit tidak mampu memotong besi dengan ketebalan yang lebih dari ukuran tersebut.

Mesin Las Listrik

Mesin las listrik ini merupakan inovasi baru yang berkembang dalam dunia pengelasan. Dimana mesin ini menggunakan aliran listrik dari PLN sebagai sumber energi penggerak alat-alatnya. Biasanya digunakan untuk pekerjaan yang lebih elit seperti pengelasan pada dunia otomotif terutama badan mobil.

Kelebihan Las Listrik

  • Yang pertama adalah alat pembuat energinya lebih kecil dibandingkan dengan gas tabung karbit dan lebih mudah dipindah-pindahkan untuk keperluan pekerja yang sedang membutuhkannya. Tentu saja hal ini sangat fleksibel dan efisien dalam menunjang setiap pekerjaan dalam pengelasan.
  • Kawat las dari las listrik ini cenderung memiliki harga yang lebih mudah dibandingkan dengan las karbit.
  • Yang unik adalah penggunaan listrik bisa diatur sesuai dengan kebutuhan terhadap ketebalan besi yang akan ditembusnya.
  • Dilengkapi dengan inverter yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran listriknya.
  • Jika listrik sedang padam atau sedang dalam pekerjaan yang banyak bisa menggunakan genset sebagai bahan energi alternatifnya.

Kekurangan Las Listrik

  • Tidak semua lokasi bisa dipasangi dengan aliran listrik. Jadi perlu diperhatikan letak lokasi tempat dimana usaha pengelasan ini akan dimulai, bisa dialiri listrik atau tidak.
  • Membutuhkan skill yang lebih terlatih lagi dalam menggunakan las listrik yang penuh risiko kecelakaan besar ini.
  • Kabel dari lasnya yang pendek sehingga tidak bisa jauh-jauh dari sumber listriknya. Tentu saja jika pekerjaan banyak akan merepotkan.

Itu dia perbedaan antara kelebihan dan kekurangan dari las karbit maupun listrik yang bisa dipertimbangkan sesuai dengan kemampuan dan keinginan.

Bengkel Las di Jakarta Selatan dan Sekitarnya

Kalau Anda membutuhkan tukang bengkel las yang profesional dan sudah pengalaman membantu pemasangan teralis dan kanopi, maka silahkan hubungi kami BengkelTeralis.com.

Kami adalah jasa bengkel las di Jakarta Selatan dan sekitarnya yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Untuk menyewa jasa kami silahkan hubungi di nomer telepon 0813-8942-4255 atau nomer WhatsApp di 0813-8942-4255. Anda juga bisa langsung tengok ke workshop bengkel las di Jalan Hidup Baru No.9 Sarua Ciputat, Tangerang Selatan untuk melihat langsung cara kerja tukang las kami.